Shiny Flashy Green Matrix
0

Perkembangan Media

Minggu, 29 Oktober 2017
Share this Article on :
Perkembangan Sejarah Media Cetak
Penemu pertama Media Cetak adalah Johannes Gutenberg pada tahun 1455 terutama di Negara Eropa. Perkembangan awal terlihat dari penggunaan daun atau tanah liat sebagai medium bentuk media sampai percetakan. Gutenberg mulai mencetak Bible melalui teknologi cetak yang telah ditemukannya. Teknologi mesin cetak Gutenberg mendorong juga peningkatan produksi buku menjadi hitungan yang tidak sedikit. Teknologi percetakan sendiri menciptakan momentum yang justru menjadikan teknologi ini semakin mendorong dirinya untuk berkembang lebih jauh. Lanjutan dari perkembangan awal media cetak adalah dimana perkembangan teknologi yang belum berkembang, yaitu media cetak dibuat memakai mesin tik untuk membuat suatu iklan produk sedangkan gambar-gambar atau animasi yang memperbagus iklan produk itu dibuat secara manual dengan menggunakan pena.
Tanda-tanda perkembangan media cetak adalah melek huruf ( kemampuan untuk baca-tulis ). Memang melek huruf adalah kondisi yang dipunyai oleh kaum elite. Bahasa yang berkembang pun hanya beberapa bahasa pokok, bahasa latin – misalnya. Perkembangan pendidikan pada abad 14 juga mendorong perkembangan orang yang melek huruf. Perkembangan media cetak sekarang yaitu didukungnya perkembangan teknologi yang sudahberkembang, sehingga dapat memudahkan orang untuk membuat suatu iklan yang lebih kreatif dan atraktif. Dapat dijelaskan bahwa perubahan perkembangan awal media cetak dan perkembangan sekarang media cetak adalah didukung perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sehingga membawa perubahan pada bagian bentuk, format, struktur, tekstur dan model dari iklan tersebut, akan tetapi perkembangan teknologi tidak mempengaruhi atau mengubah isi dari suatu iklan yang muncul di media. Pembuatan media cetak sekarang dengan teknologi yang canggih adalah dengan menggunakan komputer untuk mendesain iklan suatu produk dengan menggunakan grafis dan dicetak dengan printer.
Perkembangan teknologi media cetak yang berkaitan dengan perkembangan media cetak itu sendiri seperti munculnya majalah, Koran, surat-surat kabar yang isinya tentang artikel yang bertemakan politik, kesenian, kebudayaan, kesustraan, opini-opini public dan informasi tentang kesehatan dapat mewarnai kehidupan masyarakat. Misalnya dalam artikel yang bertemakan politik, bahwa politik yang semakin menjamu dalam Negara. Kemudian peristiwa-peristiwa penting yang mempengaruhi sejarah kehidupan masyarakat. Surat kabar atau yang biasa disebut Koran adalah salah satu media cetak jurnalisme dimana isinya memuat artikel-artikel tentang seputar informasi-informasi atau berita tentang seputar kehidupan manusia, mulai dari yang bertemakan politik, kesehatan, hukum, sosial, ekonomi sampai periklanan. Adapun majalah yang terbit zaman dulu, dan masih tetap sama isinya dengan majalah sekarang, itu karena kepercayaan masyarakat terhadap media cetak tersebut. Biasanya dari artikelartikel yang termuat di media cetak tersebut, yang memuat kritikan yang dapat membuka mata masyarakat sehingga terjadi revolusi. Selain kritikan, surat kabar juga memuat tulisan-tulisan dan dokumen-dokumen penting yang merupakan kinerja pemerintah yang dapat menjadi skandal dan korupsi pemerintah.
DAFTAR PUSTAKA :
Jurnal https://arifaya90.files.wordpress.com/2014/01/perkembangan-sejarah-media-cetak.pdf
Perkembangan Radio
Radio pernah di khawatirkan akan lenyap dengan munculnya televisi. Radio ternyata sudah sngat berakar dikalangan masyarakat sebagai eksistensinya. selain itu dalam perkembangan nya ternyata persaingan antara setasiun radio kian meningkat dan semakinsengit, dengan segmentasi yang semakin jeli dan terfokus. Pada konteks ini lah para profesional praktisi dan mengelola siaran menjadi penentu sejauh mana mereka meramu berita dan informasi untuk disajikan.
Pengguna Radio
Pada awalnnya, pengguna radip awalnya adalah maritim, yaitu untuk mengirim pesan telegram menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. Salah satu pengguna awalnya adalah Angkatan Laut Jepang yang memata-matai armada Rusia saat perang Thusima tahun 1901. Salah satupenggunan yang paling dikenang adalah pada sat tenggelaamnya Kapal Penumpang Inggris RMS Titanic pada 1912, termaksut komunikasi antar oprator dikapal yang sedang tenggelam dan kapal terdekat.
Siaran Radio mulai dapat dilakukan pada tahun 1920,an seiring populer pesawat radio, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. radio mulai populer antara 1920an dan 1930an.
Pada saat Arek-Arek Suroboyo dengan gagah berani menantang pendaratan sekutu yang dibonceng tentara penduduk Belanda , melalui corong RRI Surabaya, Bung Tomo dengan pekik “Merdeka” nya yang terkenal itu mampu menggugah semangat juara bangsa Indonesia untuk bangkit secara Patriotik hanya dengan bersenjata bambu runcing membela Tahan Air.
Penggunaan Radio saat perang adalah pengembangan pendektisian dan pelokasian pesawat dan kapal dengan menggunakan radar (radio detectoin and ranging). Sekarang, radio memiliki perkembangan bentuk yang amat beragam, termaksud jaringan tanpa kabel, komunikasi bergerak di segala jenis, dan penyiaran radio. Sebelum Televisi menjadi terjkenl , Siaran radio komersial mencangkup drama, komedi, beragam show, dan banyaak hiburaan lainnyaa.
DAFTAR PUSTAKA ;
Ormahi Hasan Asy’ari. 2012. Jurnalistik Radio : Jurnalistik Radio : Kiat Menulis Berita Radio.  Jakarta. Erlangga.
Perkembangan Televisi
Televisi itu sendiri telah berubah jumlah yang luar biasa sejak pertama kalidiciptakan. Terlihat di bawah ini adalah gambar dari apa sebuah televisi di awalsetiap Amerika keluarga rumah yang cukup beruntung untuk dapat membayarseperti kemudahan mewah.
Ini televisi awal yang ditandai dengan layar kecil mereka, gambar hitam dan putih,dan berbelok panggil kontrol. Di bawah ini digambarkan televisi modern yang dapat ditemukan di hampir setiap rumah tangga di dunia. Namun serupa televisiawal televisi modern ini bukan sesuatu yang umum di setiap rumah tangga.Televisi itu sendiri telah menjadi andalan televisi namun mahal seperti di bawah ini hanya dimilikibeberapa.
Pada tahun 1884, televisi elektromekanik pertama dikembangkan oleh seorang mahasiswa Jerman dengan nama Paul Gottlieb Nipkow. Namun hanyamenciptakan televisi tidak menandai awal era siaran televisi. Selama hampirsetengah abad mendatang beberapa perbaikan dibuat untuk Nipkow desain awal.desain yang sama sekali baru seperti televisi Elektronik dan Televisi Warna akansegera menyusul.
Namun menciptakan televisi tidak langsung bertepatan dengan pelaksanaansiaran televisi seperti yang kita kenal sekarang. Di Amerika Serikat, siaran televisipertama dimulai pada tahun 1930-an. Pada peta di bawah dekade perkiraan yangdisiarkan televisi mulai pada basis per negara dapat dengan mudah dilihat. Perlu dicatat bahwa selain AS, bagian dari Eropa dan Asia juga mulai siaran televisi ditahun 1930-an. Juga bagian dari Amerika Selatan dan Afrika mulai disiarkantelevisi pada tahun 1990.
di Amerika Serikat, negara-negara pertama yang memiliki jaringan siaran televisi berlisensi komersial yang New York dan Pennsylvania. Jaringan ini diciptakan pada tahun 1941. Namun siaran yang sebenarnya pertama terjadi lebih dari satu dekade sebelum ini di AS. Siaran televisi yang dijadwalkan sebenarnya pertama terjadi pada tanggal 2 Juli, 1928 di pinggiran kota Washington, DC, namun awalnya hanya gambar siluet yang siaran pertama. Pada tanggal 21 Juli 1931 7 hari jadwal televisi seminggu reguler pertama diperkenalkan oleh stasiun CBS New York.Menurut dictionary.com, komunikasi didefinisikan sebagai menanamkan atau pertukaran pikiran, pendapat, atau informasi dengan pidato, menulis, atau tanda-tanda atau sarana pengiriman pesan, perintah, dll, termasuk telepon, telegraf, radio, dan televisi. Sekarang dengan penemuan televisi siaran cara bahwa ide-ide yang dipertukarkan mulai berubah dengan cepat. Oleh karena itu cara komunikasi yang dilakukan telah berubah dengan cepat. Ini adalah mirip dengan cara bahwa penemuan tahun radio sebelumnya merevolusi komunikasi.Untuk saat ini dalam waktu seperti itu dapat dilihat dari peta disebutkan sebelumnya sebagian besar negara di dunia telah mengembangkan setidaknya satu saluran siaran televisi. Di beberapa negara dunia ketiga saluran televisi ini atau jaringan dari saluran tidak tersedia untuk persentase yang sangat tinggi dari populasi karena alasan ekonomi. Namun di banyak negara di dunia sebagian besar penduduk negara memiliki akses rutin ke televisi. Fakta bahwa jutaan orang memiliki akses ke jaringan seperti jalan yang berbeda dari komunikasi cukup mencengangkan. Hal ini memungkinkan orang dari latar belakang yang berbeda, budaya, dan etnis untuk berbagi budaya dan ide-ide mereka dengan orang lain.Ada banyak pandangan tentang dampak bahwa televisi telah di orang-orang planet kita secara keseluruhan. Beberapa pandangan yang positif dan beberapa di sisi lain negatif. Alfred Hitchcock pernah berkata, “Televisi telah melakukan banyak untuk psikiatri dengan menyebarkan informasi tentang hal itu, serta memberikan kontribusi untuk kebutuhan untuk itu.” Hitchcock mengatakan televisi yang telah memiliki dampak yang besar pada pengobatan gangguan mental, dengan menyebarkan informasi tentang subjek untuk mengemudi orang gila ke titik bahwa mereka membutuhkan bantuan mental. Dengan mengatakan Hitchcock ini, yang merupakan sutradara film dihormati dari tahun 1950-an melalui tahun 1970-an berusaha untuk menyampaikan pandangannya bahwa televisi memiliki baik hasil yang baik dan buruk.Hari ini salah satu bagian terbesar dari jaringan siaran televisi adalah iklan. Iklan yang hanya dibayar iklan yang ditampilkan di antara klip dari acara olahraga, film, atau acara televisi. Sebagai contoh mari kita lihat di Super Bowl dari tahun lalu ini. Jutaan orang disetel ke dalam ini tahun terakhir NFL Super Bowl dan banyak dari orang-orang ini bahkan tidak tune ke menonton permainan, tapi untuk menonton iklan. Menurut CNN.com, CBS kabarnya dijual 30 iklan kedua perusahaan ingin untuk 2,6 juta dolar. Ini adalah jumlah yang gila uang untuk 30 detik dari airtime. Namun jumlah orang yang dikomunikasikan melalui 30 iklan kedua ini harus menjadi investasi ekonomi yang baik sebagai jumlah uang untuk satu dari 30 iklan Super Bowl kedua ini telah meningkat hampir setiap tahun.
Pada akhirnya, televisi telah memainkan peran yang sangat besar saya cara bahwa dunia modern berkomunikasi. Pada kenyataannya, televisi mungkin telah merevolusi cara dunia kita bekerja lebih dari yang lain satu hal kecuali mungkin internet. Namun tidak ada cara yang baik untuk membuat perbandingan antara internet dan televisi sebagai internet jauh terlalu muda. internet hanya telah sekitar selama beberapa dekade dan televisi cepat mendekati tanda abad.
DAFTAR PUSTAKA ;
Ormahi Hasan Asy’ari. 2012. Jurnalistik Radio : Jurnalistik Radio : Kiat Menulis Berita Radio.  Jakarta. Erlangga.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar